Ilmu Komunikasi
ICT BISNIS
- Definisi komunikasi: suatu upaya yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama
Howardstephenson: penyampaian pesan&efek komunikasi dari seseorang/kelompok kepada orang atau kelompok lainnya.
- Unsur komunikasi: Pesan-feedback. Ada lingkungan pengaruh,dan ada media/saluran komunikasi pengirim pesan dan penerima pesan
- Fungsi komunikasi
- Bentuk komunikasi
- Hambatan komunikasi
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
- o Pengirim pesan
- o Penerima pesan
- o Saluran komunikasi: jalan yang dilalui pesan dari si pengirim dengan si penerima. Saluran yang biasa dalam komunikasi adalah gel.suara yang dapat didengar dan dilihat
Media komunikasi: alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepenerima
- o Feedback: salah satu bentuk pengaruh yang berasal dari penerima. Berasal dari unsur lain juga seperti media pesan
- o Pengaruh/efek: perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku.
- ü Lingkungan: faktor2 yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi
Faktor-faktor: 1. Lingkungan fisik
- lingkungan sosial
- lingkungan sosial budaya
- lingkungan psikologis
- dimensi waktu
- ü Bentuk-bentuk komunikasi:
- Verbal: berbicara&menulis. Memiliki struktur
- Non verbal: melalui gerak tubuh
- Ø Fungsi komunikasi:
- Untuk menyatakan dan mendukung identitas diri
- Untuk membangun kontak seosial dengan orang disekitar. Dan untuk mempengaruhi orang lain.
- Untuk merasa berfikir/berprilaku seperti yang diinginkan
- Ø Saluran komunikasi:
- Formal: penerbitan khusus pada organisasi yang menggunakan media formal
Ex: news letter, buletin
- Non-formal: perbincangan pribadi
- Ø Hambatan komunikasi:
- Orang
- Kelompok
- Antar orang:
- o Perbedaan persepsi&bahasa
- o Pendengaran yang buruk
- o Gangguan emosional
- o Perbedaan budaya
- o Gangguan fisik
- Antar kelompok/organisasi:
- o Kelebihan beban informasi&pesan yang bersaing
- o Penyaringan yang tidak tepat
- o Iklim komunikasi tertutup/tidak memadai
- ü Cara mengatasi hambatan komunikasi:
- Memelihara iklim komunikasi terbuka
- Bertekad memegang teguh etika komunikasi
- Memahami kesulitan antar budaya
- Memakai pendekatan komunikasi yang berpusat pada penerima
- Menggunakan teknologi secara bijak
- Mencitakan pean secara efektif&efisien
- Ø Prinsip Komunikasi:
- o Tidak dapaat dihindari
- o Sebagaian besar nonverbal
- o Makna pesan terdapat pada orang
- o Komunikasi tidak dapat diubah
- o Gangguan mempengaruhi komunikasi
- o Komunikasi bersifat sekunder
- Ø Pola komunikasi:
- o IntraPersonal Communication: Penyampaian pesan seseorang kepada diri sendiri
- o InterPersonal Communication: antar individu antar orang dengan orang lain
- o Small group: dalam group kecil dilakuka antar orang kedalam suatu group
- o Mass communication: menggunakan alat modern. Audience dalam komunikasi massa anonim
- Ø Tipe jaringan komunikasi:
- o Chain network: Rantai jaringan, formal contact
Ex: dikantor
- o Circle network: dimana menghubungkan antar level yang sama
Ex: dalam unit SDM menghubungkan komunikasi
- o Wheel network: berbeda level
Ex: atasan & bawahan
- o All Channel Network: semua salin berhubungan mau level sama atau tidak
Ex: suatu rapat dalam saling menukar pikiran
- Ø Bentuk-bentuk hubungan dalam jaringan komunikasi:
- 1) Bintang(Star): Ketika seseorang menjadi pusat dari beberapa orang dalam jalur komunikasi
- 2) Penghubung(Liaison): Ketika 2 orang menghubungkan klik dalam suatu sistem jaringan komunikasi
- 3) Pemencil(Isoliate): Orang yang berada dalam lingkungan suatu sistem tetapi dia tidak menjadi anggota jaringan komunikasi tersebut
- 4) Neglectee: orang yang memilih tetapi tidak dipilih
- 5) Penjaga pintu(Gatekeeper): seseorang yang berada dalam struktur komunikasi yang mengontrol informasi
- 6) Jembatan(bridge): Ketika melakukan 2 komunikasi dia termasuk anggota kelompoknya
LEAVE A COMMENT